Taman Safari Prigen

Taman Safari Prigen, Jawa Timur

Desa Jatiarjo RT.12/RW.06, Prigen, Gn. Princi, Jatiarjo, Kec. Prigen, Pasuruan, Jawa Timur

5 Ulasan

Kebun binatang masih menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan Indonesia untuk mengisi waktu libur. Jika sedang berada di Jawa Timur khususnya di sekitar Kabupaten Pasuruan, di sana ada Taman Safari Prigen yang sangat cocok sebagai tujuan liburan keluarga.

Di kebun binatang yang juga dikenal dengan nama Taman Safari Indonesia 2 ini wisatawan tak hanya disuguhi ribuan satwa liar.

Namun untuk yang datang bersama anak-anak, selain melihat dan mengenal berbagai macam satwa mereka juga bisa bersenang-senang di wahana permainan yang sudah tersedia di Taman Safari Prigen Pasuruan.

review-taman-safari-prigen

Taman Safari Prigen

Setelah sukses membangun dan mengembangkan Taman Safari Indonesia pertama yang terletak di Bogor, pada tahun 1997 silam dibangunlah Taman Safari Indonesia kedua di Pasuruan, Jawa Timur.

Dinamai Taman Safari Prigen, taman ini dibangun di lereng Gunung Arjuno dengan luas kawasan sekitar 350 hektar.

Berada di ketinggian sekitar 800 mdpl, Taman Safari Prigen tentu menawarkan suasana yang nyaman khas kawasan pegunungan.

Mengoleksi tak kurang dari 2000 spesies satwa, kebun binatang ini menjadi satu-satunya kebun binatang terbesar di Indonesia bahkan di Asia.

Ragam satwa yang hidup dan dibiakkan di taman ini bukan hanya berasal dari Indonesia saja.

Namun, di sana kita bisa menjumpai hewan-hewan yang didatangkan dari 5 benua yaitu benua Asia, Afrika, Eropa, Amerika, dan Australia.

Taman Safari Prigen merupakan salah satu cabang dari Taman Safari Indonesia.

Selain taman safari ini, masih ada satu cabang lagi yang dibangun setelah Taman Safari Prigen yaitu Bali Safari and Marine Park yang berlokasi di Pulau Dewata, Bali.

Namun dari ketiga kebun binatang tersebut yang paling luas dan punya koleksi satwa terlengkap adalah Taman Safari Prigen.

Hal inilah yang membuat kebun binatang ini selalu ramai dan menjadi tujuan rekreasi utama bagi para pencinta satwa.

Selain itu adanya berbagai atraksi satwa dan wahana permainan juga menjadi daya tarik tambahan Taman Safari Prigen.

Karena selain dapat melihat aneka satwa dan atraksinya, di sana wisatawan juga bisa menikmati permainan layaknya di tempat-tempat wisata lainnya.

Wahana Taman Safari Indonesia 2

Secara umum kawasan wisata Taman Safari Prigen dibagi ke dalam 3 zona utama.

Zona-zona tersebut yaitu zona kehidupan satwa yang menyuguhkan kehidupan satwa di alam bebas, dan zona baby yang merupakan tempat berkumpulnya anakan hewan.

Selain itu ada juga zona ketiga yaitu zona rekreasi yang menyediakan aneka macam permainan di air dan di darat. Di sinilah kita bisa menikmati segarnya air di kolam renang atau menguji adrenaline di wahana ekstrem seperti flying fox dan sepeda terbang.

Selain itu di Taman Safari Prigen setiap harinya juga sering diadakan pertunjukan atraksi satwa. Acara inilah yang menjadi daya tarik utama dan kerap ditunggu-tunggu para wisatawan.

Berikut ini beberapa wahana dan atraksi menarik yang bisa kita nikmati di Taman Safari Prigen Pasuruan, Jawa Timur:

Baca juga: Taman Nasional Baluran

Safari Adventure

taman-safari-prigen-malang
via instagram.com/tamansafariprigen

Kegiatan ini dilakukan dengan mengelilingi zona kehidupan satwa menggunakan bus yang disediakan pengelola taman safari.

Di sinilah kita bisa melihat langsung kehidupan para satwa di habitat buatan yang diatur sangat mirip dengan aslinya.

Berbagai jenis hewan baik yang liar hingga yang jinak bisa kita lihat saat melakukan safari adventure.

Pun dengan beberapa hewan langka yang menjadi fokus konservasi seperti Gajah Sumatera dan Harimau Sumatera.

Saat melakukan safari adventure ini wisatawan dianjurkan untuk berhati-hati dan sebaiknya menutup jendela mobil.

Kalaupun ingin memberi makan hewan-hewan seperti rusa, sebaiknya lakukan dari dalam mobil tanpa membuka pintu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Baby Zoo

Area ini khusus sebagai tempat berkumpulnya anak-anak hewan yang masih lucu seperti anak Orang Utan, anak Buaya, anak Harimau, anak singa, hingga anak Penguin Humboldt yang berasal dari Amerika Selatan.

Selain melihat tingkah lucu anak-anak hewan yang masih lugu tersebut, wisatawan juga diizinkan untuk melakukan interaksi seperti memberi makan ataupun berfoto.

Area baby zoo ini akan sangat menarik bagi anak-anak. Karena itu jika datang bersama si kecil, jangan lupa ajak mereka melihat dan mengenal jenis-jenis satwa di area ini.

Baca juga: Petualangan seru di Bali Zoo Gianyar

Animal Show

animal-show-taman-safari-indonesia-2
via instagram.com/ajengxx02

Berbagai atraksi dari para satwa di area animal show Taman Safari Prigen akan memberikan hiburan serta edukasi berharga bagi kita dan anak-anak.

Ada berbagai macam atraksi yang bisa kita saksikan di sini seperti atraksi Dolphins & Friends, Bird Watching, Elephant Story, Tiger Show, dan Feeding Elephant & Painting.

Atraksi-atraksi tersebut setiap harinya dimulai dari pukul 11 pagi hingga pukul 5 sore.

Penimbangan Gajah Sumatera

Meski tidak termasuk dalam atraksi taman safari, namun prosesi saat keeper atau pawang menuntun gajah naik ke alat timbang menjadi tontonan yang menarik perhatian wisatawan.

Tak sedikit wisatawan yang berkumpul di sekitar lokasi penimbangan gajah karena penasaran untuk melihat langsung prosesnya.

Gajah-gajah yang ditimbang merupakan Gajah Sumatera yang memang diberi perhatian khusus karena termasuk salah satu hewan langka yang sangat dilindungi di taman safari ini.

Sapi Jaliteng

Pernah dengar atau pernah lihat Sapi Jaliteng? kalau belum, Anda harus datang ke Taman Safari Prigen.

Alasannya karena di sinilah Anda bisa melihat sapi yang merupakan hasil persilangan banteng Jawa jantan dan sapi betina Bali tersebut.

Persilangan ini dilakukan konon untuk menguatkan ketahanan atas penyakit, memperbaiki genetika dan meningkatkan produktivitas sapi.

Australiana

wahana-taman-safari-prigen
via instagram.com/hafizserpo

Wahana ini merupakan yang terbaru di Taman Safari Indonesia II.

Yang membedakannya dengan wahana satwa yang lain, di area ini kita akan disuguhi hewan-hewan yang khusus didatangkan dari Australia.

Hewan atau satwa yang bisa kita lihat di wahana australiana ini antara lain Wombat, Grey Kangaroo, Emur Bird, Koala, dan Red Neck Wallaby.

Baca juga: Taman Safari Bogor

Safari Paintball

Selain melihat berbagai jenis satwa beserta atraksi-atraksi menghibur, di Taman Safari Prigen kita juga bisa menikmati aneka macam wahana permainan.

Salah satu permainan yang paling digemari adalah permainan paintball khususnya bagi wisatawan yang gemar dengan game-game berlatar perang-perangan.

Permainan ini menyajikan sensasi seru di medan tempur layaknya para tentara.

Bersama tim yang beranggotakan 3 hingga 5 orang, kita akan beradu strategi dan kekompakan dengan tim lainnya untuk saling mengalahkan.

Amusement Park

Selain paintball, di Taman Safari Prigen juga tersedia wahana bernama amusement park yang menyediakan aneka permainan menghibur dalam satu lokasi.

Di sini kita bisa mencoba wahana permainan diantaranya bom-bom car, sepeda layang, puri misteri, hingga roller coaster.

Baca juga: Kebun Raya Purwodadi Pasuruan Jawa Timur

Safari Water World

aquatic-land-taman-safari-prigen
via instagram.com/augustirawan

Tidak hanya menyediakan wahana permainan di darat, Taman Safari Prigen juga sudah dilengkapi sebuah waterpark yang dilengkapi dengan aneka wahana permainan air.

Di sini akan kita temukan wahana lazy river, angkor wat, pirate ship park, hingga seluncuran bernama gigantic water slide.

Alamat

Taman Safari Prigen beralamat di Desa Jatiarjo, Kecamatan prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Lokasinya tidak sulit ditemukan karena berada di ruas Jalan Surabaya-Malang. Lokasi wisata ini bisa ditempuh dalam waktu sekitar satu setengah jam dari Kota Malang.

Sedangkan dari Surabaya, kita membutuh waktu kurang lebih 2 jam untuk sampai di Taman Safari Prigen dengan jarak sekitar 66 kilometer.

Rute ke Taman Safari Prigen

Rute jalan yang bisa dilalui untuk mengakses lokasi taman safari ini cukup banyak pilihannya.

Kita bisa melalui Jalan Raya Surabaya-Malang jika datang dari arah Malang, ataupun melalui Jalan Raya Pantura-Tol Surabaya-Gempol jika datang dari arah Surabaya.

Kemudian jika menggunakan angkutan umum misalnya kereta api, kita bisa turun di Stasiun Lawang yang merupakan stasiun terdekat dari taman safari ini.

Dari stasiun tersebut, perjalan ke taman safari hanya tinggal menyisakan waktu tempuh sektiar 30 menit melewati Jalan Raya Surabaya-Malang.

Jika bingun dengan rute di atas, silahkan gunakan aplikasi Google Maps untuk mendapatkan panduan rute terbaik sesuai titik keberangkatan Anda.

Baca juga: Kebun binatang Gembira Loka

Jam Buka

jam-buka-taman-safari-prigen
via instagram.com/karzanaalif

Jam buka Taman Safari Prigen dimulai dari pukul 8 pagi hingga pukul 6 sore setiap harinya.

HariJam Operasional
Setiap Hari08.00 – 18.00 WIB

Anda bisa datang kapan saja selama jam operasional tersebut.

Namun jika ingin lebih puas meng-eksplore semua wahana yang ada, sebaiknya datang saja dari pagi hingga jam operasional berakhir.

Tiket Masuk

Tidak seperti tempat-tempat wisata lain, tiket masuk taman safari ini dijual dengan harga bervariasi tergantung wahana dan atraksi yang ingin pengunjung nikmati.

Selain itu, harga tiket untuk tiap jenis kategori juga dibedakan berdasarkan hari kunjungan.

Berikut daftar harga tiket masuk Taman Safari Prigen:

Jenis TiketHarga
Rusa AnakRp. 80.000 (hari kerja) – Rp. 105.000 (hari libur)
Rusa DewasaRp. 85.000 (hari kerja) – Rp. 110.000 (hari libur)
BadakRp. 110.000 (hari kerja) – Rp. 135.000 (hari libur)
GajahRp. 135.000 (hari kerja) – Rp. 160.000 (hari libur)
Tabitha RenangRp. 70.000
Tabitha MainRp. 70.000
Rusa Turis AsingRp. 160.000
Gajah Turis AsingRp. 210.000
Badak Turis AsingRp. 185.000

Selain tiket reguler, Taman Safari Indonesia 2 juga sering mengadakan promo harga tiket hingga potongan 50 persen.

Promo tiket masuk biasanya diluncurkan pada bulan-bulan tertentu atau saat musim libur panjang seperti libur lebaran dan hari-hari besar lainnya.

Fasilitas

tiket-masuk-taman-safari-prigen
via instagram.com/fiarizqia_984

Sebagai salah satu destinasi wisata yang cukup populer khususnya di Jawa Timur, Taman Safari Prigen juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum.

Beberapa fasilitas yang bisa kita manfaatkan di tempat wisata ini antara lain:

  • Area parkir
  • Masjid
  • Camping ground
  • Restoran
  • Toilet
  • Toko souvenir

Baca juga: Bali Bird Park

Hotel Terdekat

Bagi wisatawan yang membutuhkan akomodasi atau tempat menginap yang dekat dari Taman Safari 2, saat ini tidak jauh dari lokasinya sudah ada beberapa hotel yang bisa disewa dengan harga terjangkau.

Berikut ini beberapa penginapan terdekat dari Taman Safari Prigen yang kami rekomendasikan: Inna Tretes Hotel, Baobab Safari Hotel, Kaliandra Resort, Pines Garden Resort Hotel, dan Surya Hotel & Cottages Prigen.

Wisata Terdekat

kebun-binatang-prigen
via instagram.com/lucky.fp

Selain dekat dari penginapan, taman safari ini juga cukup dekat dari beberapa tempat wisata lain di sekitaran Jawa Timur.

Bagi wisatawan yang kurang puas dan ingin mencoba suasana berbeda, tidak jauh dari Taman Safari Prigen ada tempat wisata lain seperti Kebun Teh Wonosari, Air Terjun Dlundung, dan Kebun Pak Budi yang bisa dituju.

Selain itu di jarak sekitar 12 kilometer dari taman safari ada Candi Singosari yang bisa dijajal jika suka dengan wisata sejarah.

Sedangkan di jarak 7 hingga 8 kilometer, wisatawan bisa menikmati keindahan Air Terjun Putuk Truno atau berenang di obyek wisata Saygon Waterpark.

Baca juga: Batu Secret Zoo, Malang, Jawa Timur

Bagaimana? sudah tidak sabar kan, untuk segera rekreasi keluarga ke Taman Safari Prigen Pasuruan? Tunggu apalagi, yuk, segera jadwalkan dan siapkan semua bekal agar liburan Anda berjalan lancar dan menyenangkan.

5 Ulasan untuk Taman Safari Prigen, Jawa Timur

  1. Tmpat nya bersih nan asri sejuknWisata kluarga , tiket masuj utk 5 dwasa dan 1 ank kcil di bandrol harga 515rb spuasnya😁, utk mkanan hewan bawa sndiri dan cm dalam mobil UKT ngasih mkan hewan 2nDan bs berfoto2 pula,nDi Boba rekreasi kluarga ada bnyak berbagai macam permainan kluarganAda rumah hantu jg, dan yg laennya , tiket masuk masing2 pemainnya , dan spot foto bersama ular , baby buaya , burung , kura2 ,orang utan serta anak singa , utk tiket foto 20rb per orang dan kamera sndiri 😁

  2. Taman Safari Prigen merupakan salah satu dari tiga Taman Safari terbesar yang ada di Indonesia. Kedua Taman Safari lain adalah bali safari dan marine park di Bali serta taman safari Bogor. Taman ini memiliki luas hingga 350 hektar, lebih besar daripada kedua taman safari lainnya. Dengan mengusung konsep kebun binatang ala Afrika, pengunjung dapat melihat satwa-satwa bebas berkeliaran di alam terbuka. Terletak di kaki gunung arjuno, Taman Safari Prigen menawarkan sensasi berbeda daripada tempat wisata lainnya juga langsung masuk ke dunia satwa yang liar dan tidak terduga. terdapat sekitar 2000 spesies langka yang dapat disaksikan secara langsung. Ada banyak aktivitas dan wahana yang bisa dicoba serta dimainkan. Selain melihat-lihat dan berfoto bersama satwa-satwa yang ada, juga dapat menikmati berbagai atraksi satwa. yang ingin melepas lelah juga dapat mencoba zona Waterpark serta wahana ekstrim. Tak hanya itu, bila ingin merasakan sensasi makan siang bersama hewan buas seperti harimau putih maka di sinilah tempatnya. Tiket di taman safari Prigen di bagi menjadi tiga.nTiket rusa: sudah termasuk Safari Adventure, Aquatic Land, Baby Zoo, 4 Pertunjukan Satwa, Gratis Shuttle Bus Safari, pilih dolphin show atau temple of terror.nnTiket badak: sudah termasuk Safari Adventure, Aquatic Land, Baby Zoo, 6 Pertunjukan Satwa, Gratis Shuttle Bus Safari, 22 wahana Permainan, Safari Water World.nnTiket gajah: Safari Adventure, Aquatic Land, Baby Zoo, 6 Pertunjukan Edukasi Satwa, Gratis Safari Shuttle Bus, 21 Wahana Permainan, Safari Water World, Cinema 6D (Gratis 2 Film).

  3. Tempat rekreasi+edukasi yg bagus bwt anak2,,bs scara lgsung menyaksikan satwa2 yg d lindungi+menyaksikan pertunjukan2 dr satwa2 taman safari yg sdh d latih scra bagus

  4. Tempat sangat luas. Hewan lengkap dan banyak wahana bermain juga baik anak2 dan dewasa. Bisa langsung berinteraksi dengan hewan tertentu dan memberi makan langsung. Klo kesini lebih baik menghindari tanggal merah / weekend supaya puas bermain.

  5. Tempat yang sangat bagus buat wisata….. Keren lah…. nTaman Safari Indonesia 2 adalah salah satu safari park terluas di Asia, yang terletak di lereng Gunung Arjuno, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Memiliki berbagai macam spesies hewan dan atraksi terbaik se-Indonesia, kolam renang dengan sistem filter air yang canggih, dan habitat yang tidak rusak dan suasana yang rimbun. Taman Safari Indonesia menjadi tempat wisata yang berwawasan lingkungan dan berorientasi habitat satwa pada alam bebas.Dengan mengusung konsep kebun binatang ala Afrika, pengunjung dapat melihat satwa-satwa bebas berkeliaran di alam terbuka. Rasakan pengalaman baru bersafari menyaksikan kehidupan hewan di alam liar.nnTerletak di kaki Gunung Arjuna, Taman Safari Prigen menawarkan sensasi berbeda daripada tempat wisata lainnya. Wisatawan akan diajak masuk ke dunia satwa yang liar dan tidak terduga. Pengunjung dapat menikmati petualangan unik yang mendebarkan bersama ribuan satwa yang ada di Taman Safari Terbesar dan terbaik di Asia ini.nnSebagai informasi terdapat sekitar 2000 spesies langka yang dapat disaksikan secara langsung. Ada banyak aktivitas dan wahana yang bisa dicoba serta dimainkan. Selain melihat-lihat dan berfoto bersama satwa-satwa yang ada, pengunjung juga dapat menikmati berbagai atraksi satwa.nnBagi pengunjung yang ingin melepas lelah juga dapat mencoba zona Waterpark serta wahana ekstrim. Tak hanya itu, bila ingin merasakan sensasi makan siang bersama hewan buas seperti harimau putih maka di sinilah tempatnya.nnHarga Tiket Masuk Taman Safari PrigennnAda beberapa jenis tiket yang bisa dibeli saat berkunjung ke kebun binatang ini. Masing-masing tiket Taman Safari Prigen dibedakan berdasarkan aktivitas & atraksi yang bisa dilakukan. Berikut daftar harga tiket masuk Taman Safari Prigen.nnHarga Tiket Masuk Taman Safari PrigenJenis TiketHari BiasaAkhir PekanTiket Rusa AnakRp80.000Rp105.000Tiket Rusa DewasaRp85.000Rp110.000Tiket Rusa Turis AsingRp160.000Tiket BadakRp110.000Rp135.000Tiket Badak Turis AsingRp185.000Tiket GajahRp135.000Rp160.000Tiket Gajah Turis AsingRp210.000Paket Tabitha RenangRp70.000Paket Tabitha MainRp70.000Periode 20 Desember 2019 – 5 Januari 2020Tiket Rusa AnakRp105.000Tiket Rusa DewasaRp110.000Tiket BadakRp135.000Tiket GajahRp160.000

Leave a Reply