Pantai Drini

Pantai Drini, inilah nama pantai yang akan kita bahas pada artikel kali ini. Pantai ini adalah salah satu favorit wisatawan saat berwisata ke Jogja.

Bersanding dengan beberapa pantai lainnya di kawasan Gunung Kidul, Pantai Drini memiliki hampir semua hal yang membuat para penyuka pantai harus datang mengunjunginya.

Nah, seperti apa daya tarik yang disajikan dan apa saja aktifitas wisata yang bisa dilakukan di pantai yang berada di Kabupaten Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta ini ? berikut uraian selengkapnya.

pantai-drini-jogja

instagram.com/objek_wisata_jogja

Pantai Drini

Jogja selain memiliki beberapa tempat wisata yang dibangun mengikuti selera kaum milenials, juga memiliki beberapa obyek wisata pantai yang menggiurkan.

Jika berkunjung ke Jogja utamanya ke daerah Gunung Kidul, maka akan Anda temukan jejeran pantai indah nan mempesona dengan daya tariknya masing-masing.

Salah satu pantai yang cukup terkenal di Gunung Kidul dan menjadi favorit wisatawan adalah Pantai Drini.

Memiliki ciri khas berupa adanya sebuah pulau karang di lepas pantai, Pantai Drini berhasil menarik minat wisatawan dalam jumlah cukup besar setiap harinya.

Pantai ini juga memiliki daya tarik lain yaitu kawasan pantai yang cukup luas dan landai.

Hal ini memungkinkan wisatawan untuk melakukan berbagai kegiatan pantai dengan sangat nyaman.

pantai-drini-gunung-kidul
instagram.com/andiidayani

Pantai yang dijuluki sebagai Tanah Lot nya Jogja ini juga menarik karena banyaknya aktiftas yang bisa dilakukan wisatawan saat mengunjunginya.

Misalnya jika Anda suka menjelajah perairan lepas pantai, di sana sudah tersedia penyewaan Perahu Kano.

Selain itu ada juga penyewaan alat snorkeling bagi wisatawan yang ingin menikmati biota laut dengan cara menyelam.

Dan yang tidak boleh terlewatkan, di Pantai Drini juga ada beberapa warung penjual kuliner khas pantai yang bisa dicoba.

Intinya berwisata ke pantai ini akan memberikan kebahagiaan dan kepuasan. Tak heran jika pantai ini begitu cepat tersohor dan menjadi salah satu primadona para pelancong.

Aktifitas Wisata di Pantai Drini

Pantai Drini dilengkapi dengan beberapa gazebo yang berjejer di pinggiran pantai. Fasilitas ini bisa dimanfaatkan sebagai tempat yang nyaman untuk bersantai menikmati indahnya lautan.

Namun bagi Anda yang ingin berkegiatan aktif, beberapa aktifitas di bawah ini juga cukup menarik untuk dilakukan di Pantai Drini.

1. Berenang

Tidaklah afdol rasanya jika berkunjung ke sebuah pantai tanpa merasakan kesegaran airnya. Nah dengan bibir pantai yang landai serta airnya yang bersih, Pantai Drini sangat layak dan aman sebagai tempat berenang.

Apalagi di pantai ini gelombang airnya sangatlah tenang. Jadi untuk pengujung yang datang bersama anak-anak, mereka bisa mengikutsertakan anak-anak untuk berenang bersama.

Namun perlu diketahui, pantai ini sebenarnya terbagi menjadi dua bagian yang dipisahkan oleh batuan karang besar yang menjorok ke tengah lautan.

Untuk yang ingin berenang, dianjurkan agar memilih lokasi di timur batuan karang tersebut karena di sanalah lokasi yang paling aman.

Sedangkan di sisi sebelah barat, gelombang airnya agak deras dan biasanya digunakan sebagai tempat bersandar kapal-kapal nelayan dan tempat pelelangan ikan.

2. Snorkeling di Pantai Drini

snorkeling-di-pantai-drini
instagram.com/chaulaagustiza

Pantai ini juga sering dijadikan sebagai lokasi snorkeling. Penyewaan alat snorkeling juga dengan mudah dapat kita temukan di sekitaran pantai.

Nah bagi yang hobi dengan kegiatan ini dan ingin menikmati kekayaan bawah laut Pantai Drini, maka siapkan saja dana yang cukup untuk menyewa peralatan snorkeling.

Harga sewa alat-alat snorkel sebenarnya tidaklah terlalu mahal, Anda bisa menyewanya dengan biaya tak sampai 100 ribuan.

Baca juga : Pantai Sadranan Jogja

3. Bermain Kano

Selain snorkeling, kegiatan yang menarik untuk dilakukan di pantai ini adalah bermain Kano. Dan sama halnya seperti alat snorkeling, penyewaan Perahu Kano juga bisa kita temukan dengan mudahnya di sekitaran pantai.

Perahu Kano lengkap dengan jaket pelampung bisa kita sewa dengan harga bervariasi mulai dari 30 ribu hingga 100 ribu.

4. Mancing

Hobi mancing dan ingin mencoba sensasi memancing ikan-ikan segar di Pantai Drini ? tenang saja, pantai ini juga menjadi tempat yang sangat menantang bagi pengujung yang hobi mancing.

Bahkan bukan hanya untuk orang dewasa saja, namun di pantai ini juga sudah tersedia penyewaan alat pemancingan untuk anak-anak.

Dengan biaya sewa sebesar 20 ribu, anak-anak akan mendapatkan peralatan memancing lengkap dengan ember sebagai tempat menaruh hasil pancingan.

5. Camping

camping-pantai-drini
instagram.com/fitrah_andriansyah

Kawasan Pantai Drini juga menyediakan lokasi camping bagi pengujung yang ingin menikmati malam di kawasan pantai.

Area camping di pantai ini terletak di atas perbukitan yang dinamai Puncak Kasokara. Puncak Kasokara memiliki tinggi sektiar 50 mdpl.

Selain sebagai lokasi camping, perbukitan ini juga menjadi spot yang paling pas untuk menikmati semua keindahan yang tersaji dari beberapa pantai yang ada di Gunung Kidul.

Dari atas perbukitan Kasokara ini kita bisa melihat keindahan Pantai Drini dan juga Pantai Baron dengan sangat leluasa.

Lalu jika ingin menikmati keindahan sunrise dan sunset dengan lebih sempurna, maka lokasi yang paling mudah juga dari Puncak Kasokara ini.

Namun untuk mendapatkan izin naik ke Puncak Kasokara kita harus membayar retribusi sebesar 2 ribu rupiah.

Kemudian jika ingin camping, kita juga harus membayar sewa area sebesar 10 ribu per malam serta parkir inap sebesar 10 ribu untuk sepeda motor dan 20 ribu untuk mobil.

Baca juga : Review Pantai Pok Tunggal

6. Hunting Foto

Tentunya akan ada banyak spot foto yang bisa kita eksplore di kawasan Pantai Drini.

Spot-spot ini misalnya di muka pantai, di Puncak Kasokara, bahkan bisa saja kita berfoto saat sedang menaiki Perahu Kano.

7. Berburu Kuliner

kuliner-pantai-drini
instagram.com/pantai_drini_gunungkidul

Daya tarik yang ditawarkan Pantai Drini tidak hanya soal aktifitas yang bisa menghadirkan kebahagian bagi jiwa dan fikiran kita.

Namun saat perut mulai keroncongan, Pantai Drini juga sudah siap dengan barisan warung penjual masakan khas pantai yang bisa kita jelajahi.

Warung-warung ini menyediakan menu fast food dan seafood seperti Ikan Bakar, Cumi Goreng, Udang, Nila dan masih banyak menu-menu lezat lainnya.

Lalu untuk minumannya, warung-warung tersebut juga menyediakan Es Kelapa Muda yang pastinya akan sangat nikmat jika diminum di tepi pantai.

Baca juga : Pantai Siung Jogja

Alamat Pantai Drini

Alamat lengkap pantai ini berada di Desa Banjarejo, Tanjungsari, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Lokasinya masih berdekatan dengan Pantai Baron, Pantai Krakal dan Pantai Kukup yang sama-sama terletak di Gunung Kidul.

Jika diakses dari pusat Kota Jogja, maka untuk sampai di Pantai Drini membutuhkan waktu tempuh sekitar 1 jam lebih dengan jarak tempuh sekitar 60 kilometer.

Rute ke Pantai Drini

rute-pantai-drini
instagram.com/ipankputrabatara

Meskipun cukup jauh dari Kota Jojga, namun rute ke Pantai Drini sebenarnya tidak terlalu sulit.

Dari pusat kota, silahkan arahkan tujuan ke Piyungan lalu ke arah Pathuk. Nah setelah sampai di daerah Pathuk, perjalanan bisa dilanjutkan lagi menuju arah Lapangan Udara Gading kemudian ke arah Pantai Baron.

Yang perlu diingat adalah lokasi Pantai Drini berada di sebelah timur Pantai Baron.

Jadi setelah sampai di pertigaan yang terletak sebelum jalan masuk ke Pantai Baron, ambil arah kiri lalu ikuti papan petunjuk yang nantinya akan membawa Anda tiba di lokasi Pantai Drini.

Jam Buka Pantai Drini

Pantai ini dibuka setiap hari selama 24 jam. Meski begitu, waktu terbaik untuk mengunjungi kawasan pantai ini adalah pada pagi hingga sore hari jika Anda tidak berencana untuk menginap.

HariJam Operasional
Setiap Hari24 Jam

Tiket Masuk Pantai Drini

gambar-pantai-drini
instagram.com/yolandapriscilia

Keindahan pantai ini bisa kita nikmati dengan biaya yang sangat murah. Tiket masuknya dijual dengan harga 4 ribu ditambah biaya parkir sebesar 3 ribu untuk sepeda motor dan 5 ribu untuk mobil.

Jenis TiketHarga
Tiket MasukRp4000
Tiket ParkirRp3000 (sepeda motor) – Rp5000 (mobil)

Baca juga : Pantai Indrayanti

Fasilitas Umum di Pantai Drini

Tidak hanya menyediakan wahana yang cukup lengkap, namun pantai ini juga sudah didukung dengan fasilitas umum yang memadai.

Fasilitas yang ada di pantai ini diantaranya area parkir yang cukup luas, toilet, tempat ibadah, gazebo, warung penjual makanan, dan penginapan.

Penginapan di Pantai Drini

Untuk penginapan selain bisa menginap di area camping, kita juga bisa menginap di beberapa hotel atau villa yang terletak tidak jauh dari lokasi pantai.

Pilihan hotel atau villa tersebut antara lain penginapan Sea View Sundak, Ombah Sundak, Winahyu Resort Kukup, dan Orchid Inn Hotel.

Harga sewa penginapan-penginapan ini cukup murah yaitu mulai dari Rp250.000 saja per malamnya.

penginapan-pantai-drini
instagram.com/g_akbars

Baca juga : Tempat Wisata di Jogja

Kesimpulan

Pantai Drini Jogja memang cukup menggoda untuk segera dikunjungi. Keindahan kawasan pantai dan banyaknya aktifitas yang bisa kita lakukan menjadi alasan untuk memilih pantai ini sebagai tujuan wisata.

Karena itu jika sedang berlibur di Kota Jogja, jangan tunda apalagi melewatkan kesempatan untuk mengunjungi Pantai Drini.

Loading...

Tempat Wisata di Jogja

Wahyoeni
4 min read

Pantai Krakal

Hansar
5 min read

Bukit Bintang Jogja

Hansar
4 min read

Pantai Sundak

Hansar
5 min read

Pantai Sepanjang

Hansar
4 min read

Pantai Wediombo

Hansar
5 min read